Tuesday, November 20, 2012

Cara Stop E-Mail dari Facebook

Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang sangat digemari di dunia saat ini. Hampir semua orang menggunakan jejaring sosial ini. Tidak terkecuali anda bukan? nah,. dengan menggunakan facebook anda pasti harus mendaftar dahulu dengan mencantumkan nama dan email anda. Tahukah anda bila email yang anda cantumkan tersebut adalah email penting atau tidak? Kalau itu adalah email primer anda. Maka saran saya jangan anda buat untuk mendaftar, Kenapa seperti itu? Ikuti Ulasan saya bersama Transmediatek mengenai Facebook dan Email.

Email, adalah sarana penting dalam dunia internet, ini adalah salah satu inovasi manusia untuk saling berkirim dokumen dan file-file penting lainnya dalam waktu yang singkat. Dengan mengirim email kita berarti sudah menghemat waktu untuk mengirim sesuatu secara manuall. Artinya Kalau anda harus mengirim file tersebut secara langsung maka anda butuh waktu mungkin lebih dari 15 menit untuk jarak yang lumayan tidak jauh. Namun bayangkan jika anda harus mengirimnya ke luar kota? Jelas lebih efisien mengirimkan lewat email bukan?. 
Nah, di tahun-tahun belakangan, situs jejaring sosial sudah sangat menjamur di dunia maya ini. Termasuk juga Indonesia, Setelah Multiply, kemudian myspace disusul Friendster yang kemudian tergeser oleh kehadiran Facebook dan muncul burung kecil Twitter. 
Di tahun 2012 ini, yang paling banyak penggunanya adalah Facebook, dari berbagai statistik di dunia Facebook menunjukan eksistensinya sebagai jejaring sosial paling di sukai di Dunia. Namun tahukah anda, sisi rahasia dari Facebook ini? Sebenarnya banyak sekali sisi rahasia nya yang orang awam tidak banyak tahu. Tahun lalu santer terdengar Foto yang sudah anda upload tidak serta merta hilang ketika anda hapus. Saya berpikir mungkin file photo tersimpan kedalam sebuah directory khusus untuk backup, jadi diartikan meskipun user menghapus photo, arsip itu tetap tersimpan rapi namun di kantor Facebook.
Sisi lain adalah Hubungan Facebook dengan email. Facebook menggunakan email sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan penggunanya. Entah dalam bentuk resmi atau hanya memberikan pemberitahuan mengenai aktivitas teman, teman yang menandai anda, atau bahkan status teman yang anda sukai. Nah Facebook secara default akan mengirimkan segala sesuatu yang berhubungan dengan anda dan aktifitas teman dekat anda, Grup anda serta Tag tag photo ke dalam email anda secara otomatis. Ini menyebabkan email anda akan bertumpuk-tumpuk penuh dengan pemberitahuan dari Facebook. Kita tentu tidak mau mengapusnya setiap bulan atau minggu kan?
Nah. Berikut Tips saya untuk anda agar email anda tidak kebanjiran email pemberitahuan dari Facebook. Settinglah hanya pemberitahuan penting terkait akun anda saja. 

Langkah pertama silahkan masuk ke pengaturan akun. Caranya:
1. Klik Segitiga kecil disamping Beranda, Lalu pilih pengaturan akun. kemudian tunggu hingga muncul seperti dibawah ini


2. Silahkan untuk memilih pemberitahuan yang ada di samping kanan panel.
3. Setelah terlihat akan ada pilihan : Cara mendapatkan pemberitahuan, di facebook, Email dan Pemberitahuan otomatis. 
Sekarang klik pilihan Email, cara dengan klik Sunting (edit) di samping kanan tulisan

4. Jika anda sudah memilih sunting , maka akan muncul pilihan untuk anda, apakah anda ingin menerima pemberitahuan lewat email.

cara stop email facebook

Pada gambar diatas, pilihlah pilihan hanya pemberitahuan tentang akun, keamanan dan Privasi.
dengan begitu anda akan berhenti menerima 47 macam pemberitahuan dari Facebook. Bayangkan 47 pemberitahuan, jika 5 orang mengaitkan anda dengan satu aktivitas, bagaimana dengan aktivitas yang lain? ribet dan jelasnya akan menumpuk email dari Facebook.
Nah, dengan seperti ini anda tidak perlu lagi bersih-bersih email tidak penting dari Facebook. 
Selamat Pagi. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Sekian Ulasan dari Saya Amir Fadhil Arragil


Artikel ini dibuat berdasarkan Pertanyaan:

2 comments:

  1. o begitu ya, email saya penuh oleh pesan facebook, n saya mau hapus, thanks infonya ya

    ReplyDelete
  2. wah saya perlu coba nih, nice share gan

    ReplyDelete