Saturday, January 5, 2013

Cara Compress Foto Dengan Office Picture Manager

Photo adalah hal penting dalam hidup kita, bagi khalayak umum photo adalah sesuatu yang amat berharga, meskipun sebagian diantaranya menganggapnya hal biasa. Lalu bagaimana dengan para user internet dan user komputer. Pasti photo adalah hal yang sudah mereka geluti sehari-hari.
Nah, kali ini saya akan memberikan sebuah bahasan trik kecil bagaimana caranya kita bisa compress photo dengan office picture manager. Pernah kan anda mengambil photo dengan kamera digital atau DSLR, jelas sekali size memory photo akan besar sekali, karena memang semakin besar pixel yang dipakai. semakin besar pula size nya.
Jika anda tak bisa atau belum mahir menggunakan Adobe Photoshop jelas akan kesulitan untuk mengkompress photo anda. Nah, solusinya adalah kita bisa menggunakan software bawaan microsoft office, yang di bundling satu paket disana. Mari kita mulai ulasan tentang cara mengkompress foto dengan office picture manager.
Langkah pertama adalah membuka programnya. Dengan cara klik Start >> All Programs >> Microsoft Office >> Office
Setelah anda selesai membuka programnya.
Silahkan masukkan gambar yang akan di edit. Cara memasukkan gambar ada dua cara
1. dengan cara drag photo kedalam office picture manager, yaitu dengan mengklik photo lalu tahan, sambil tetap di tekan, seret photo kedalam program. Nanti akan muncul sendiri, atau
2. dengan cara menambah folder shortcut. Silahkan ikuti gambar untuk lebih jelasnya.

transmediatek

3. Setelah selesai, pilih gambar yang anda inginkan. Foto akan muncul di tengah. Jika sudah seperti itu, berarti sudah siap untuk di edit.


4. Klik "Edit Picture" yang ada di toolbar atas. jika anda klik itu maka akan muncul panel di samping gambar

transmediatek

5. Nah, di panel tersebut sudah berjajar menu untuk melakukan editing. tinggal pilih saja , mana yang anda inginkan. Sekarang bahasan kita adalah melakukan compress foto di office picture manager. Jadi pilih tool compress picture.

6. Setelah itu, panel akan berganti ke panel compress, Pilih kualitas yang bagaimana untuk  gambar anda. Pilih salah satu, contoh saya memilih "documents" , anda bisa lihat dibawah ini, gambar secara otomatis akan menyusut size memory nya.


 Setelah saya pilih documents, gambar otomatis berganti size

transmediatek

7. Jika anda rasa sudah cukup, klik OK.
8. Simpanlah gambar anda melalui menu = File>> Save As>> Kemudian beri nama yang lain. Jangan melalui Save. Karena nanti akan membuat gambar original anda terhapus oleh gambar yang telah anda edit tadi.

Baiklah itu ulasan saya mengenai cara compress foto dengan office picture manager, sebuah tool yang mudah dan di dapatkan di bundling paket office anda. Jadi tidak perlu program yang lain lagi. Artikel akan saya lanjutkan untuk menjelaskan panel yang lain dari office picture manager. Yaitu, cara cropping foto dengan mudah menggunakan office picture manager.
Silahkan berkomentar dan tinggalkan pesan jika artikel ini bermanfaat untuk anda.



2 comments: